MAKALAH
ILMU SOSIAL DASAR
KENAPA ILMU SOSIAL DASAR MASIH
DIPERLUKAN OLEH MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI
Dibuat Oleh :
Muhammad Yusuf Fadilla
55416145
1IA13
TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA TIMUR
2016
Kata Pengantar
Puji dan syukur saya panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan
hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan makalah tentang Ilmu Sosial Dasar ini
dengan baik meskipun masih terdapat banyak kekurangan didalamnya. Dan juga saya
berterima kasih pada Bapak Emilianshah Banowo
selaku dosen mata kuliah Ilmu Sosial Dasar Universitas Gunadarma yang
telah memberikan tugas ini kepada saya.
Saya berharap makalah ini dapat
berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai
pengertian dari ilmu sosial dasar, tujuan ilmu sosial dasar, hakikat dari ilmu
sosial dasar serta fungsi dari ilmu sosial dasar di perguruan tinggi. Saya
menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh
dari kata sempurna. Oleh karena itu, saya berharap adanya kritik, saran dan
usulan demi perbaikan makalah yang telah saya buat di masa yang akan datang,
mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang
membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi saya
sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya saya mohon maaf apabila
terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan saya mohon kritik dan
saran yang membangun dari Anda demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan
datang.
Jakarta, 12 Oktober 2016
Muhammad Yusuf Fadilla
BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
“Manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial, selalu
membutuhkan orang lain”. Kita sering mendengar kutipan tersebut, mungkin
terdengar sederhana namun kutipan tersebut memang benar adanya. Dari kutipan
tersebut juga dapat kita simpulkan bahwa manusia berarti harus memahami apa
arti dari “sosial” dan belajar bagaimana “berkomunikasi”.
Kata “sosial”
sendiri merupakan segala perilaku manusia yang menggambarkan perilaku
nonindividualis dan merujuk pada hubungan-hubungan manusia dalam
kemasyarakatan, hubungan antar manusia, hubungan manusia dengan kelompok, serta
hubungan manusia dengan organisasi untuk mengembangkan dirinya.
Sedangkan kata
”komunikasi” adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang,
kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi
agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
Ilmu Sosial
Dasar merupakan pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya
yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan
pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang
pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti : sejarah,ekonomi,
geografi, sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial
Dari
pengertian dan penjelasan diatas, mungkin muncul dalam benak kita, mengapa Ilmu
Sosial Dasar sangat diperlukan bahkan menjadi mata kuliah dasar yang diajarkan
kepada mahasiswa? menurut Conny R. Semiawan (1998:33) “pendidikan tinggi antara
lain berfungsi untuk mempersiapkan peserta didik menjadi manusia yang memiliki
perilaku, nilai dan norma sesuai sistem yang berlaku sehingga mewujudkan
totalitas manusia yang utuh dan mandiri sesuai tata cara hidup bangsa”
Dari pernyataan
yang saya kutip tersebut erat kaitannya dengan kehidupan sosial dalam hal ini
mahasiswa di dalam maupun di luar lingkungannya yakni bagaimana ia dapat
berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain. Ini tentunya tidak terjadi
begitu saja meskipun beberapa orang memang memiliki bakat dalam berkomunikasi
serta bergaul dengan orang lain. Disinilah peranan Ilmu Sosial Dasar yang
mengajarkan bagaimana seseorang dalam hal ini seorang mahasiswa yang memang
dipersiapkan untuk mampu bersaing di dunia kerja.
1.2 Tujuan Penulisan
Mengetahui dan
memahami pengertian dari ilmu sosial dasar, tujuan ilmu sosial dasar, hakikat
dari ilmu sosial dasar serta fungsi dari ilmu sosial dasar di perguruan tinggi.
1.3 Metode Penulisan
Penulisan
makalah ini dilakukan dengan membaca dan menjelajahi refrensi yang berada di internet.
1.4 Manfaat Penulisan
Manfaat
penulisan makalah ini adalah dapat digunakan sebagai referensi untuk melakukan
penulisan ilmiah tentang Ilmu Sosial Dasar. Dan juga dapat digunakan sebagai
gambaran tentang Ilmu Sosial Dasar.
BAB II
Pembahasan
2.1 Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Untuk menjawab
dan memecahkan berbagai persoalan yang ada dalam kehidupan maka lahirlah
berbagai macam ilmu pengetahuan. Berdasarkan sumber ilmu filsafat yang di
anggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan di kelompokkan
menjadi 3 (tiga) yaitu :
1
Ilmu-ilmu
Alamiah (natural science). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal
ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku
mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan
suatu kualitas.
2
Ilmu-ilmu
sosial (social science). ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk
mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu
alamiah.
3
Pengetahuan
budaya (the humanities) bertujuan untuk memahami dan mencari arti
kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan
metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat
unik, kemudian diberi arti.
Ilmu Sosial
Dasar adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari/menelaah tentang masalah-masalah
sosial di dalam sebuah masyarakat yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan
dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk
mengkaji masalah manusia .
Maka dari itu
pelajaran ilmu sosial dasar diberikan kepada mahasiswa sebagai suatu bahan
program studi atau mata kuliah umum. Mata kuliah umum sosial dasar diberikan
dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum
tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar
daya tanggap, presepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan
sosialnya .
2.2 Tujuan Ilmu Sosial Dasar
a. Tujuan Umum
Diselenggarakannya
mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan pengembangan kepribadian
serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai
gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan
dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran
berkenaan dengan lingkungan sosial dapat dipertajam.
b. Tujuan Khusus:
1.
Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan
sosial dan masalah-maslah sosial yang ada dalam masyarakat.
2.
Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk
ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
3.
Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam
masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya
(mempelajarinya).
4.
Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu
pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka
penanggulangan maslah sosial yang timbul dalam masyarakat.
2.3 Hakikat Ilmu Sosial Dasar
Ilmu
Sosial Dasar membicarakan hubungan timbal balik antara manusia dengan
lingkungannya.
Hubungan
ini dapat diwujudkan dengan kenyataan sosial dan kenyataan sosial inilah yang
menjadi titik perhatiannya.
Dengan
Demikian Ilmu Sosial Dasar memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar
tentang konsep-konsep yang dapat dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala
sosial agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran kita dalam menghadapi
lingkungan sosial dapat menjadi lebih baik.
Ilmu
sosial bukanlah suatu bidang keahlian ilmu-ilmu sosial tertentu, seperti politik, antropologi dan sebagainya,
tetapi menggunakan pengertian-pengertian berasal dari berbagai bidang ilmu
sosial seperti ilmu politik, sosiologi, sejarah dan sebagainya.
2.4 Fungsi Ilmu Sosial
Dasar di Perguruan Tinggi
Dari
penjelasan tersebut dapat ditarik beberapa kesimpulan mengenai fungsi dari Ilmu
Sosial Dasar itu sendiri terhadap Mahasiswa dan Mahasiswi, diantaranya ialah :
1
Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan
sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat. Maksudnya adalah
kita sebagai Mahasiswa dan Mahasiswi diharapkan mampu mengidentifikasi dan juga
menelaah baik kenyataan-kenyataan sosial yang terjadi di lingkungan sosial kita
maupun masalah-masalah sosialnya.
2
Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk
ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya. Mahasiswa dan Mahasiswi
diharapkan mampu mengantisipasi masalah-masalah sosial yang terjadi dalam
lingkungan sosial mereka, dan tanggap dalam upaya penanggulangan
masalah-masalah tersebut.
3
Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul
dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya dengan
cara mempelajarinya secara kritis-interdisipliner. Mahasiswa dan Mahasiswi
mampu menyadari tingkat kerumitan dalam setiap masalah sosial yang terjadi,
dimana Mahasiswa dan Mahasiswi hanya dapat melakukan pendekatan pembelajaran
dalam masalah tersebut secara kritis-interdisipliner.
4
Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu
pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka
penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat. Mahasiswa dan
Mahasiswi mampu memahami teori para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain
sehingga dapat berkomunikasi dengan baik terhadap para ahli tersebut dalam
upaya penanggulangan masalah sosial yang timbul dan terjadi dalam masyarakat.
BAB III
Penutup
3.1 Kesimpulan
Ilmu Sosial
Dasar memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep
yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap,
persepsi, dan penalaran kita dalam menghadapi lingkungan sosial.
3.2 Saran
Semoga makalah ini dapat memberi
gambaran mengapa pelajaran Ilmu Sosial Dasar masih ada di peguruan tinggi.
Dan semoga dengan makalah ini kita
bisa lebih mendalami pelajaran Ilmu Sosial Dasar dan membawanya dikehidupan
bermasyarakat.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar