UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
Regulasi
dan Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa dalam Jenis Usaha SoftwareHouse
Diajukan
Guna Melengkapi Tugas ke-3 Mata Kuliah Pengantar Bisnis Informatika
Jakarta
2019
KATA PENGANTAR
Segala puji hanya milik Allah SWT. Shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW. Berkat limpahan dan rahmat-Nya penyusun mampu menyelesaikan proposal ini guna memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika.
Dalam
penyusunan proposal ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun
penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain
berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala
yang penulis hadapi teratasi.
Semoga
proposal ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan
pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa Universitas Gunadarma. Saya
sadar bahwa proposal ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk
itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.
Depok, 04 Desember 2019
Penulis
BAB I
RANGKUMAN EKSEKUTIF
Latar Belakang
Seiring dengan kemajuan teknologi pada masa kini
khusunya di Indonesia, kami masih melihat bebrapa kesulitan yang dihadapi masyarakat
/ perusahaan / pelaku bisnis yang mencari jasa pembuatan sebuah web atau
aplikasi mobile. Dengan alasan tersebut maka disini kami ingin membuka sebuah
peluang bisinis dibidang teknologi IT khususnya dalam hal pembuatan sebuah
produk IT, dimana dalam hal ini kami membuat produk IT kami sendiri ataupun
menerima tawaran dari client untuk membuat sebuah produk dalam bentuk web atau
aplikasi mobile.
PT. Reck Media Komputindo
ini berdiri atas kerjasama dengan pihak perserorangan , perusahaan, dan pemerintahan,
dengan skala regional, nasional, serta internasional. Serta untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat dalam memaksimalkan pontesial perusahaan melalui Digital
Strategy, Digital Application, dan Digital Marketing.
Visi dan Misi
Visi : Untuk memaksimalkan serta
memenuhi kebutuhan masyarakat dalam membuka peluang bisnisnya.
Misi : Memberikan
dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Lokasi
Lokasi yang dipilih
merupakan tempat yang strategis di semarang yaitu di Mataram
Plaza B-5, Jalan Mt. Haryono No. 247-429, Jagalan, Semarang Tengah, Kota
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan /
Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha ini tidak terlalu luas dan juga
tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 15m x 8m.
Waktu Operasional
Waktu untuk
melakukan pelayanan usaha ini dibuka pada hari senin – jumat
pukul 08:00 – 17:00.
Kesan / Counter Style
Kesan yang
akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable and
High Quality Service” sehingga pelanggan merasa nyaman berada di
tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan
yang baik dan memuaskan.
Konsep Promosi
Pemasaran
utama PT. Reck Media Komputindo menggunakan
website, serta iklan – iklan di halaman website.
Dengan cara ini kami
optimis PT. Reck Media Komputindo akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh
masyarakat.
Target Pelanggan
Target
pelanggan PT. Reck Media Komputindo adalah terbagai menjadi 4 divisi yaitu :
1.
Creative yaitu untuk
memberikan konsultasi untuk konsep bisnis digital maupu internet marketing
2.
Cloud yaitu untuk
mengembangkan web company profile dan e-commerce
3.
Light yaitu untuk
mengembangkan web aplikasi sesuai dengan kebutuhan client
4.
Touch yaitu untuk
mengebangkan mobile application berbasis android dan IOS
BAB II
ANALISIS INDUSTRI
Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan berdirinya tempat usaha yang
bergerak di bidang jasa, khususnya dalam hal pengembangan perangkat lunak dengan
lokasi yang strategis, berdasarkan hal tersebut kami yakin usaha ini akan
mencapat kemajuan, karena kebutuhan dan permintaan pasar IT akan kebutuhan
perangkat lunak di kalangan masyarakat pada saat ini sangat besar.
Analisis Persaingan
Berdasarkan hasil survey yang ada
bahwa di sekitar lokasi tempat kami mendirikan usaha pembuatan dan
pengembangan perangkat lunak ini masih belum terdapat jenis tempat usaha
tersebut yang bergaransi resmi dan legal, oleh karna itu kami ingin membangun
usaha tersebut dengan kelebihan bergaransi resmi dan legal serta dengan kantor
sebagai pusat pelayanan pelanggan yang dirancang dengan suasana yang nyaman dan
kekeluargaan.
Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
PT Rect Media Komputindo membidik
pasar mulai dari masyarakat awam, perkantoran, serta beberapa masyarakat
lainnya yang memiliki kebutuhan tinggi akan penggunaan perangkat lunak sebagai
penunjang kegiatan keseharian maupun pekerjaan dengan memberikan harga yang
relevan dengan jenis dan keinginan perangkat lunak yang pelanggan inginkan.
Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan
suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat
merasa puas dengan pelayanan kami dan senantiasa memberikan kami kepercayaan
untuk menjadi pembuat dan pengembang dari perangkat lunak yang diinginkan.
Karena segmen pasar usaha ini cenderung banyak sehingga hal ini dapat memicu
persaingan dengan usaha sejenis lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pembuatan dan
pengembangan perangkat lunak, akan tetapi dengan semakin tinggi perkembangan
teknologi, maka kemampuan kami untuk memenuhi kebutuhan pasar semakin rendah.
Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi
kebutuhan pasar.
BAB III
DESKRIPSI USAHA
Produk yang Dihasilkan
Semakin tingginya
kebutuhan masyarakat akan penggunaan perangkat lunak lainnya sehingga semakin banyak permintaan
yang kami terima dalam berbagai jenis perangkat lunak baik pembuatan baru atau
hanya sekedar pengembangan perangkat lunak tersebut, khusus untuk perkantoran
banyak permintaan dalam hal pengembangan software sebagai penunjang bisnis dan
operasional perkantoran tersebut.
PT Rect Media Komputindo menawarkan kebutuhan barang
dan jasa yang terkait dalam pembuatan software. Adapun pelayanan yang dapat
diberikan antara lain :
1. Jasa
Iklan Google Ads (Google Adwords).
2. Jasa
Iklan Facebook dan Instagram.
3. Jasa
SEO.
4. Jasa
Social Media Management.
5. Jasa
Pembuatan Aplikasi Mobile.
6. Jasa
Promosi Caleg.
7. Jasa
Promosi Restairant.
Terdapat juga product yang dapat dihasilkan untuk
memenuhi kebutuhan konsumen, terdapat 2 product unggulan antara lain :
1. Software
Toko dan Akuntansi
2. GSuite
Ruang Lingkup Usaha
Ruang Lingkup Usaha PT.Rect Media Komputindo adalah
perusahaan digital agency berbasis di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia yang
telah bekerja dengan pihak perseorangan, perusahaan, dan pemerintahan dengan
skala regional, nasional, serta internasional.
RECTmedia didirikan pada tahun 2008. Dari awal usaha
ini telah melihat potensi solusi digital dan bercita-cita untuk mengembangkan
perusahaan dengan membantu klien membangun bisnis mereka secara inovatif
melalui teknologi digital. Selama 5 tahun, perusahaan telah mengalami
pertumbuhan yang kuat dari tahun ke tahun. Pada masa kini, RECT,edia telah
memiliki beberapa partner di Australia dan Indonesia dalam berbagai bidang
industri. Perusahaan ini menjadi salah satu digital agency yang paling dikenal
di Jawa Tengah pada masa kini.
Proses Produksi
PT. Rect Media Komputindo memiliki penawaran jasa dan
product, masing masing pelayanan jasa dan product memiliki proses produksi yang
berbeda-beda, untuk itu disini akan di berikan masing-masing proses produksi
yang di perlukan, dan proses ini adalah gambaran dari alur kerja yang akan
diberikan kepada konsumen.
Proses Produksi dalam
Pelayana Jasa Iklan Google Ads
Analisis – Riset Keyword – Pembuatan Iklan –
Maintenance dan Monnitoring – Reporting.
Proses Produksi dalam
Pelayanan Jasa Iklan Facebook dan Intagram.
Pilih Paket – Isi Form dan Cek E-mail - Analisis – Iklan anda Berjalan – Report
Proses Produksi dalam
Pelayan Jasa SEO
Pemilihan Keyword – Inspeksi Website – Analisa Keyword
dan Wbsite – Laporan Analisa Hasil Web – Kesepakatan Dengan Jasa SEO –
Pembayaran Jasa SEO
Proses Produksi dalam Jasa
Pembuatan Aplikasi Mobile
Analisa Masalah dan Solusi – Perancangan Desain –
Prototyping dan Development – Release dan Support.
Proses Produksi dalam
Pelayanan Jasa Promosi Caleg
Membuat Website Caleg Profesional – Update Konten
Secara Rutin – Aktif di Media Sosial – Iklan Facebook dan Instagram
Sumber-sumber Produk /
Bahan
Untuk sumber-sumber supplier hardware maupun software
sebagai alat dan bahan dalam pembuatan perangkat lunak dan pengembangannya,
kami memilih supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan bergaransi resmi
dan telah teruji kualitasnya, sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai
pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen.
Untuk Produk GSuite, RectMedia merupakan reseller
resmi dari Google, G Suite merupakan gabungan beberapa tools dari Google
seperti Email Perusahaan, Gmail tanpa iklan dan Cloud Penyimpanan dari Google
ditambah dengan fitur kolaborasi aplikasi Google seperti Unlimited Google
Drive, Google Docs, Google Sheet, Google Slide, Google Meet Conference untuk
kebutuhan bisnis Anda.
BAB IV
RENCANA PEMASARAN
Penetapan Harga
Harga yang ditetapkan dalam penjualan sebuah
software toko dan akuntasi pada perusahaan kami merupakan harga yang
sangat mahal bagi perusahaan yang baru
merintis, tetapi harga ini termasuk harga yang terjangkau bagi perusahaan –
perusahaan besar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, harga yang kami
tetapkan sesuai dengan jasa produk yang kami ditawarkan. adapun untuk
selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami
yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat mempromosikan
layanan jasa sebanyak-banyaknya dan lebih mendekatkan diri pada konsumen,
sehingga lebih mudah dalam pemasarannya dan menghasilkan keuntungan yang
sebanyak-banyaknya dengan tetap mengutamakan kualitas yang terbaik.
Strategi Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada
perusahaan ini antara lain :
·
Menyebarluaskan situs website kami kepada masyarakat luas
· Melakukan
pengiklanan online melalui situs jejaring sosial maupun forum.
· Membuat
promo / diskon dalam beberapa kali untuk
menarik konsumen
BAB V
PERENCANAAN ORGANISASI
Job Description
· Pemilik
usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan
sekali dari
hasil usaha.
· Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat
yang dibutuhkan oleh perusahaan dan mencatat
data – data
yang penting.
· Bendahara
bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
· Penanggung
jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai operasional harian
perusahaan
dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja karyawan dalam membuat
sebuah
software.
· Karyawan
bertugas untuk membuat software. Pada pembuatan sebuah software ini kami
mengelompokkan dalam berbagai macam devisi sesuai dengan keahlian yang
mereka miliki.
Latar Belakang Tim Management
Latar belakang tim management pada perusahaan
kami yaitu terdiri dari orang-orang terpercaya yang dapat memajukan perusahaan
dan selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Status
Kepemilikan Usaha :
Merupakan badan usaha yang bertujuan untuk
mencari keuntungan. Adapun status kepemilikan Reach Media Komputasi yaitu Perseroan Terbatas. Dimana modalnya terdiri dari saham-saham, yang
pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat
diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan bisa dilakukan tanpa perlu
membubarkan perusahaan.
Bab VI
RISIKO
Evaluasi
tentang kelemahan usaha (Analisis SWOT)
Strength
(kekuatan)
1. Bertanggung
jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2. Dapat
memenuhi kebutuhan pelanggan.
3. Memberikan
pelayanan terbaik terhadap pelanggan.
4. Menjual
produk yang berkualitas
Weaknes
(Kelemahan)
1. Persaingan
pasar dengan perusahaan yang berkskala nasional
2. Berubahnya
kondisi perekonomian
Oportunity
(Peluang)
1. Dengan
tetap menjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun
harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul dikemudian
hari.
2. Saat
ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di pusat
pertokoan di daerah semarang, membuat kami yakin bahwa kedepannya
perusahaankamu akan maju.
Threaty (Ancaman)
Munculnya perusahaan-perusahaan baru
yang sejenis uang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan beraneka ragam
promosi diskon.
Gambaran
tentang masa kini
Resiko
yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan
pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya usaha-usaha sejenis yang
bermunculan dengan melakukan berbagai cara dalam mempromosikan produk jasa
terhadap masyarakat luas yang lebih murah ataupun usaha yang berskala
internasional.
Dengan ini maka
lambat laun akan semakin banyak orang yang mendatani perusahaan-perusahaan
lainnya yang sejenis. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kamu selalu
memberikan dan meningkatkan mutu dan kualitas yang terbaik untuk produk baru
maupun pengembangan produk, tentunya bergaransi resmi langsung dari perusahaan
kami yang sesuai dengan keinginan konsumen. Dengan begitu pelanggan akan
memiliki keterkaitan dan terus memberikan kepercayaan terhadap perusahaan kami.
BAB VII
PERENCANAAN PERMODALAN
Sumber-sumber permodalan
Sebagai
sumber awal mula pendirian PT Rect Media Komputindo yaitu dari pemilik usaha
sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang
perdagangan jasa.
Neraca Permulaan Perusahaan
Biaya produksi per tahun terdiri dari :
1. Modal awal Produksi
Renovasi awal dan desain interior Rp. 25.000.000,-
Pembiayaan jasa yang dijual Rp. 12.500.000,-
Biaya opening dan promosi awal Rp. 4.500.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertama Rp. 45.000.000,- +
Jumlah modal produksi Rp.
87.000.000,-
2. Biaya lain-lain
Listrik Rp.
12.500.000,-
Asuransi Rp.
10.000.000,-
Transportasi Rp. 6.000.000,-
Administrasi Rp. 4.500.000,-
Pajak Rp.
2.750.000,-
Pemeliharaan gedung dan peralatan Rp. 6.500.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp.
42.250.000,-
3. Total seluruh biaya produksi (1+2)
Jumlah modal produksi Rp.
87.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp.
42.250.000,- +
Total Rp.
129.250.000,-
Proyeksi Aliran Kas
Untuk usaha ini kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari
penghasilan. Rata-rata untuk perusahaan kami ini, akan mampu menjual jasa
sekitar 240 juta hasil penjualan software pertahun, sehingga jika diambil
keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 70 – 74 juta pertahun. Sehingga, pada
tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke 3, 4 dan seterusnya,
kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk
ekspansi ke luar daerah.
Analisis titik Impas (BEP)
Untuk
menganalisis titik impas dari produk kami, kami mengambil sampel dari jasa
dengan biaya tetap yang di keluarkan adalah 61.500.000. Biaya variabelnya
sebesar 12.500.000 ribu rupiah per software. Kemudian perusahaan berencana
menjual software tersebut dengan harga 20.000.000 ribu rupiah per software.
Maka titik impas atau BEP-nya adalah :
1. BEP (dalam unit) = 61.500.000 :
(20.000.000 – 12.500.000) = 8.2 unit.
2. BEP (dalam rupiah) = 61.500.000 : 1 –
(12.500.000 : 20.000.000) = 164.000.000 rupiah.
(Note : Perkiraan Break Event Point Pada
Tahun Ketiga).
Perencanaan Laba Rugi (CASH
FLOW)
INVESTASI JUMLAH(RP)
Biaya Tetap
Penyusutan gedung dan peralatan Rp. 6.500.000,-
Gaji pegawai Rp.
55.000.000,- +
Jumlah Rp.
61.500.000
Biaya variable / produksi
Pembiayaan jasa yang dijual Rp. 12.500.000,-
Jumlah Rp.
12.500.000,-
Biaya lain-lain
1.
Listrik Rp.
12.500.000,-
2.
Asuransi Rp.
10.000.000,-
3.
Transportasi Rp.
6.000.000,-
4.
Administrasi Rp.
4.500.000,-
5.
Pajak Rp.
2.750.000,-
Total modal produksi Rp.
35.750.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN) Rp. 109.750.000,-
Pendapatan
Penjualan software Rp. 240.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN Rp. 240.000.000,-
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total pendapatan Rp. 240.000.000,-
Total modal/pengeluaran Rp. 109.750.000,- -
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH Rp. 130.250.000,-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar