Jumat, 11 Oktober 2019

PT First Media Tbk



First Media adalah perusahaan yang bergerak di bidang TMT meliputi layanan internet pita lebar dengan kabel maupun nirkabel, jasa penyiaran televisi berlangganan, layanan komunikasi data melalui jaringan telekomunikasi digital, jasa pembangunan infrastruktur pasif multimedia di gedung-gedung, layanan telepon melalui jaringan pintar terintegrasi, pembuat dan penyedia konten multimedia

Sejarah
First Media didirikan pada tahun 1994 dengan nama PT Broadband Multimedia Tbk. Pada Maret 1999, Broadband Multimedia mulai memasarkan diri secara komersial dengan merek dagang Kabelvision, yang diikuti pada tahun-tahun berikutnya dengan peluncuran Digital1 dan MyNet.

Pada 16 Juni 2007, Broadband Multimedia mengganti namanya menjadi First Media, sekaligus meluncurkan identitas dan merek baru sebagai penyedia layanan "Triple Play". Kabelvision dan Digital1 disatukan di bawah produk HomeCable, sementara MyNet menjadi FastNet.

Pada akhir Agustus 2007. Lippo Group mengumumkan kucuran investasi sebesar $650 juta selama empat tahun kedepan kepada First Media. Kucuran dana tadi akan diinvestasikan keberbagai layanan pengembangan konten dan belanja internet, TV kabel, HDTV, akses pita lebar, layanan nirkabel, fasilitas pentimpanan data, serta layanan telepon. Dalam kucuran dana tersebut, Lippo Group menggandeng perusahaan Shanghai Media Entertainment Group (melalui anak perusahaan STR), Cisco, dan Motorola untuk pembangunan jaringan serta pembiayaan proyek tersebut.

Visi & Misi

Visi
Menjadi perusahaan penyelenggara jasa Megamedia terpadu terkemuka di Indonesia yang memanfaatkan teknologi internet pita lebar guna menciptakan nilai tambah kepada para Pemangku Kepentingan. Visi perseroan mencakup ladasan layanan Enam-C yang terpadu, yaitu :

Cable TV – Multi-Channels Interactive Television
Computer – Layanan Broadband Internet
Communication – Layanan Data Komunikasi
Content – Kontent untuk Internet dan TV
Channels – Memproduksi “in-House Channel”
Commerce – TV Home Shopping dan Internet E-Commerce

Misi
Menjadi pelopor di bidangnya
Mengutamakan kompetensi dan profesionaisme
Fokus pada pelanggan
Menjadi pilihan utama untuk berkarir
Warga usaha yang bertanggung jawab

Nilai-Nilai Perusahaan
Semangat dalam bekerja
Disiplin dalam pelaksanaa
Kualitas dalam pelayanan
Inovasi dalam pengembangan
Agresif dalam penetrasi pasar
Perhatian terhadap masyarakat dan lingkungan

Strategi Usaha
Memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi, khususnya teknologi internet pita lebar digital berkecepatan tinggi, untuk menghadirkan layanan Megamedia terpadu dengan harga yang terjangkau di Indonesia.
Senantiasa menjadi yang pertama di Indonesia dalam mengadopsi terobosan teknologi terkini, dalam rangka mengupayakan lompatan ke depan bagi Perseroan, sekaligus menyediakan jasa dan produk ayng superior kepada pelanggan
Mengupayakan efisiensi usaha secara terus menerus untuk menjadi penyelenggara jasa Megamedia bermutu tinggi dengan biaya yang efektif serta kompetitif.

Cakupan jenis Jasa / Produk
Segmen bisnis media terbagi menjadi 2 (dua) kategori usaha, yaitu : bisnis televisi berlangganan dengan kabel dan bisnis televisi berlangganan direct-to-home (satelit).

BISNIS TELEVISI BERLANGGANAN DENGAN KABEL
Sekilas/ Profil
Anak perusahaan First Media, PT First Media Television (“First Media Television”), bekerjasama dalam menggunakan jaringan kabel milik Link Net untuk menghantarkan siaran televisi berkualitas High Definition dengan kanal siaran terbanyak di Indonesia, dengan nama dagang “HomeCable”. Program siaran yang dihantarkan HomeCable sangat bervariasi, mulai dari progam edukasi, berita, musik, hiburan, gaya hidup (lifestyle), dan anakanak. Tidak saja kanal siaran dari penyelenggara saluran luar negeri yang dihadirkan, HomeCable juga menyediakan 6 saluran produksi unit usaha First Media lainnya yang dikenal dengan istilah in-house production seperti J’Go, Dangdutz, Hi TV, MIX, Foodie TV dan BeritaSatu News Channel. Keenam kanal in-house yang diproduksi oleh PT First Media Production (“First Media Production”) dan PT First Media News (“First Media News”) ini, sebagai bentuk saluran kreatif HomeCable untuk medorong kepedulian akan konten Indonesia.
Produk & Layanan 
Saat ini, kebutuhan menonton layar kaca tanpa terbatas ruang menjadi tuntutan banyak orang dimanapun di dunia. Pemirsa tidak lagi mau dibatasi dengan keharusan menonton di pesawat televisi di rumah untuk menikmati film, acara favorit, dan terutama siaran langsung. Pencinta siaran layar kaca bahkan menuntut ketersediaan teknologi yang memungkinkan menonton secara mobile. Kebutuhan menonton layar kaca melalui layanan jaringan internet menjadi semakin tinggi. Mengangkat tagline “TV Anywhere” melalui layanan FirstMediaX, First Media menerapkan teknologi yang membuat pelanggan dapat menikmati acara televisi favoritnya melalui PC, laptop, smartphone, ataupun tablet, termasuk menonton siaran live streaming. Untuk memastikan keleluasaan menonton tersebut, Link Net pun menggandeng produk BOLT! 4G LTE. FirstMediaX juga dapat dinikmati melalui Google Chrome atau Firefox browser. Aplikasi FirstMediaX dapat diunduh melalui aplikasi App Store (Apple iOS) atau Play Store (Android). Tuntutan penonton televisi pula yang membuat First Media melengkapi jaringan layanan televisi berbayar dengan Smart Box X1 HD yang dilengkapi modem internal DOCSIS 3.0 berfasilitas interaktif, sehingga pelanggan dapat menikmati Video on Demand, 7-days Catch-Up TV, Personal Video Recorder, Games, Video Streaming, Mirror Casting, Dolby 5.1, 4K Technology dan mengakses layanan internet pita lebar yang dilengkapi dengan Google Android platform Lollipop. Dengan demikian pelanggan dapat mengakses berbagai aplikasi Android, seperti Youtube, Gmail, Facebook, dan Twitter. Smart Box X1 HD juga berfungsi sebagai Wi-Fi dengan DLNA yang memberikan jaringan Wi-Fi ke seluruh rumah. Jangkauan siaran televisi berlangganan HomeCable ini mencakup wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Batam dan Medan, dan dapat dinikmati oleh segala umur pemirsa. First Media telah lama menaruh perhatian terhadap paparan konten yang tidak baik bagi anak-anak. Oleh karena itu, produk yang dapat digunakan mengakses konten dilengkapi fitur parental controls, baik itu di layanan internet, maupun di layanan televisi berbayar. First Media meyakini teknologi harus dapat memberikan kepastian bagi orangtua akan konten yang memapar anak-anaknya.

BISNIS TELEVISI BERLANGGANAN DIRECT-TO-HOME (SATELIT)
Sekilas/ Profil
BiGTV merupakan unit usaha First Media yang bergerak dalam bidang usaha televisi berlangganan berbasis satelit atau biasa dikenal dengan nama direct-to-home. BiGTV didirikan dengan nama badan hukum PT Indonesia Media Televisi (“Indonesia Media Televisi”) yang merupakan perusahaan yang terafiliasi dengan First Media. Peningkatan penetrasi televisi di rumah tangga di Indonesia pada tahun 2014 sebesar 59.6% dan diprediksi akan terus meningkat sampai 69% di tahun 2023 (data MPA 2015). Sementara tingkat penetrasi televisi berlangganan masih sangat rendah, yaitu 10% di tahun 2014 dan 14.5% di tahun 2023 (data MPA 2015). Terdapat potensi yang cukup besar untuk menyediakan layanan televisi berlangganan kepada masyarakat Indonesia. Kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, maka infrastruktur teknologi yang paling tepat untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia adalah teknologi satelit. First Media memandang unit usaha ini dapat menjadi peluang usaha yang baik dalam mendistribusi konten secara masif sampai ke pelosok Nusantara.
Produk & Layanan
BIGTV mendistribusikan siaran di frekuensi KU-band, dengan menggunakan satelit Lippo Star-1 yang diluncurkan pada bulan Juli 2012. Saat ini BiG TV menghadirkan total 102 channel yang terdiri channel standard definition dan high definition. Untuk mengakselerasi layanan televisi berlangganan, BIG TV menawarkan sejumlah paket produk dan metode berlanggan yang terdiri atas :
1. Paket Bundling
Paket bundling ini merupakan perpaduan antara layanan mobile Internet maupun Home Internet BOLT! 4G dengan TV Satelit. Cakupan layanan untuk paket ini hanya berlaku di wilayah Jabodetabek dan Medan. Adapun paket bundling yang ditawarkan adalah sebagai berikut :

No Nama Paket Spesifikasi
Mobile Internet
1 BIG Deal 20 Gb 100 Mbps dan 62 Channel
2 BIG Deal Unlimited 10 Mbs dan 62 Channel
3 BIG Sun Unlimited 10 Mbps dan 72 Channel
Home Internet
4 BIG Deal Unlimited 8 Mbps dan 62 Channel
5 BIG Deal Unlimited 13 Mbps dan 62 Channel
6 BIG Deal Unlimited 19 Mbps dan 62 Channel
7 BIG Deal Unlimited 50 Mbps dan 62 Channel

2. Paket TV
Selain paket bundling, BIG TV menawarkan paket single product atau TV only services yang terbagi menjadi 4 (empat) paket pilihan berlangganan.

No Nama Paket Spesifikasi
1 BIG Universe 97 Channel
2 BIG Star 86 Channel
3 BIG Sun 74 Channel
4 BIG Deal 62 Channel

3. Metode Berlangganan
BiG TV juga memudahkan pelanggan dengan adanya 2 (dua) pilihan layanan berlangganan yaitu pasca bayar (postpaid) di mana pelanggan dipinjamkan alatnya dan pilihan pembayaran dilakukan di awal sesuai dengan paket yang dipilih atau pra bayar (prepaid) dengan menggunakan voucher. Sistem prepaid ini mirip seperti saat mengisi pulsa telepon selular, tetapi pelanggan harus melakukan pembelian dekoder dan parabola terlebih dahulu

KOMPOSISI KARYAWAN PT FIRST MEDIA Tbk, DAN FIRST MEDIA GROUP
Profil jumlah karyawan sampai dengan 31 Desember
Tahun  First Media  Anak Perusahaan  First Media Group
2017    34                959                        993
2016    52                1480                      1532

PENDAPATAN OPERASIONAL
First Media berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp982.463 juta di tahun 2017 atau turun sebesar Rp325.787 juta dibandingkan tahun 2016 yang mencapai Rp1.308.250 juta atau turun sebesar 25% dari tahun 2016. Penurunan ini terutama dikarenakan First Media telah melakukan divestasi di salah satu entitas anak yaitu PT Cinemaxx Global Pasifik sehingga pada tahun 2017 First Media tidak lagi memiliki layanan bioskop dan juga penurunan dalam penjualan perangkat komunikasi seiring semakin tersedianya perangkat komunikasi pada pasar secara umum sehingga pelanggan dengan mudah mendapatkannya di toko-toko terdekat.

sumber:
http://www.firstmedia.co.id/pdf/64/75/58/AR_FM_2017_v3.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/First_Media
http://www.firstmedia.co.id/pdf/40/18/84/AR_FM_2014_01.pdf
http://www.firstmedia.co.id/about-us/slug:visi-misi-perseroan

Rabu, 02 Mei 2018

Institusi Pengelolaan Web Luar dan dalam Negeri

1. Advanced Research Project Agency Network (ARPANET)

Adalah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA (Advanced Research Project Agency) dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. ARPANET difungsikan sebagai sarana percobaan teknologi jaringan komputer terbaru pada zamannya, seperti teknologi packet switching dan menjadi permulaan berdirinya Internet yang ada sekarang. Network Control Protocol (NCP) merupakan protokol jaringan standar pertama pada ARPANET. NCP disempurnakan dan diluncurkan pada Desember 1990 oleh Network Working Group (NWG), dipimpin sekaligus juga penemunya yaitu Steve Crocker .

2. World Wide Web Consortium (W3C)

Awalnya dibentuk dari Laboratorium Ilmu Komputer MIT oleh Tim Berners-Lee dan Al-Vezza. W3C saat ini bertanggung jawab terhadap perkembangan dari berbagai protokol dan standar yang terkait dengan Web. Seperti misalnya standarisasi HTML, XML, XHTML dan CSS diatur oleh W3C. Saat ini W3C masih dipimpin oleh Berners-Lee. Website W3C dapat diakses pada URL:  http://www.w3c.org.

3. Internet Engineering Task Force (IETF)

Merupakan badan yang bertanggungjawab terhadap masalah teknis dari perkembangan teknologi internet. IETF bertugas mengkaji berbagai teknologi terkait untuk kemudian distandarkan menjadi sebuah request for comment (RFC). IETF fokus pada evolusi dari internet dan menjamin proses tersebut berjalan dengan smooth (lancar).

4. Internet Architecture Board (IAB)

IAB bertanggung jawab dalam  mendefiniskan backbone internet.

5. Internet Society (ISOC)

Dibentuk dari berbagai organisasi, pemerintahan, non-profit, komunitas, akademisi maupun para professional. Kelompok ini bertanggung jawab dalam membuat kebijakan tentang internet, dan memantau lembaga lain seperti IETF.

6. The Internet Assigned Numbers Authority (IANA) & The Internet Network Information Center (InterNIC)

Kelompok ini bertanggung jawab terhadap alokasi alamat IP  dan nama domain.

7. ICANN

singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada 18 September 1998 dan resmi berbadan hukum pada 30 September 1998. Organisasi yang berkantor pusat di Marina Del Rey, California ini ditujukan untuk mengawasi beberapa tugas yang terkait dengan Internet yang sebelumnya dilakukan langsung atas nama pemerintah Amerika Serikat oleh beberapa organisasi lain, terutama Internet Assigned Numbers Authority (IANA).

8. APJII dan PANDI

Dua nama tersebut merupakan institusi yang mengatur pengelolaan internet untuk wilayah Indonesia. Meraka adalah APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) dan PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).

Hukum dan Etika dalam berinternet

Aspek Hukum dalam penggunaan internet terbagi menjadi :

1. Aspek hak milik intelektual. Yaitu yang memberikan perlindungan hukum bagi pembuat karya. Contohnya : Hak Cipta dan Hak Paten.

2. Yurisdiksi hukum dan aspek-aspek terkait. Komponen ini menganalisa dan menentukan keberlakuan hukum yang berlaku dan diterapkan di dalam dunia maya itu.

3. Landasan penggunaan internet sebagai sarana untuk melakukan kebebasan berpendapat yang berhubungan dengan tanggung jawab pihak yang menyampaikan, aspek accountability, tangung jawab dalam memberikan jasa online dan penyedia jasa internet (internet provider), serta tanggung jawab hukum bagi penyedia jasa pendidikan melalui jaringan internet. 

4. Aspek kerahasiaan yang dijamin oleh ketentuan hukum yang berlaku di masing-masing yurisdiksi negara asal dari pihak yang mempergunakan atau memanfaatkan dunia maya sebagai bagian dari sistem atau mekanisme jasa yang mereka lakukan.

5. Aspek hukum yang menjamin keamanan dari setiap pengguna dari internet.

6. Ketentuan hukum yang memformulasikan aspek kepemilikan didalam internet sebagai bagian dari pada nilai investasi yang dapat dihitung sesuai dengan prinisip-prinsip keuangan atau akuntansi.

7. Aspek hukum yang memberikan legalisasi atas internet sebagai bagian dari perdagangan atau bisnis usaha.


Dibawah ini adalah etika-etika dalam menggunakan internet antara lain :

1. Jangan menyindir, menghina, melecehkan, atau menyerang pribadi seseorang/pihak lain.

2. Jangan sombong, angkuh, sok tahu, sok hebat, merasa paling benar, egois, berkata kasar, kotor, dan hal-hal buruk lainnya yang tidak bisa diterima orang.

3. Menulis sesuai dengan aturan penulisan baku. Artinya jangan menulis dengan huruf kapital semua (karena akan dianggap sebagai ekspresi marah), atau penuh dengan singkatan-singkatan tidak biasa dimana orang lain mungkin tidak mengerti maksudnya (bisa menimbulkan salah pengertian).

4. Jangan mengekspose hal-hal yang bersifat pribadi, keluarga, dan sejenisnya yang bisa membuka peluang orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal itu.

5. Perlakukan pesan pribadi yang diterima dengan tanggapan yang bersifat pribadi juga, jangan ekspose di forum.

6. Jangan turut menyebarkan suatu berita/informasi yang sekiranya tidak logis dan belum pasti kebenarannya, karena bisa jadi berita/informasi itu adalah berita bohong (hoax). Selain akan mempermalukan diri sendiri orang lainpun bisa tertipu dengan berita/info itu bila ternyata hanya sebuah hoax.

7. Andai mau menyampaikan saran/kritik, lakukan dengan personal message, jangan lakukan di depan forum karena hal tersebut bisa membuat tersinggung atau rendah diri orang yang dikritik.

8. Jika mengutip suatu tulisan, gambar, atau apapun yang bisa/diijinkan untuk dipublikasikan ulang, selalu tuliskan sumber aslinya.

9. Jangan pernah memberikan nomor telepon, alamat email, atau informasi yang bersifat pribadi lainnya milik teman kepada pihak lain tanpa persetujuan teman itu sendri.

10. Selalu memperhatikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Artinya jangan terlibat dalam aktivitas pencurian/penyebaran data dan informasi yang memiliki hak cipta.

Sumber :
http://webs-science.blogspot.com/2013/06/institusi-pengelola-internet-atau-web.html
http://rakhapermanasblog.blogspot.com/2013/05/aspek-hukum-dan-etika-internet.html

Jumat, 20 April 2018

Tugas Individu Matematika Informatika 4

Relasi Rekursi

Muhammad Yusuf Fadilla (55416145)







Tugas Kelompok Matematika Informatika 4
Tree



2IA14
Anggota Kelompok 3 :
50416423 AINUR RIDWAN
50416977 ANWAR SADAT
51416459 BOGIANT RASKAROWANA
51416732 DAVID PANCA LAKSANA
52416425 FACHRI AKMAL KAUTHAR
53416013 GHAZA TRY ISBULLAH
54416535 MUCHAMMAD RIVARI
54416701 MUHAMMAD ALIF MUSDIAR
55416145 MUHAMMAD YUSUF FADILLA
57416130 SOPHA SALSABILA
57416700 WISNUNDARI DYAH AYU LESTA
57416813 YOSUA


      1.
matif soal no1

Dari gambar 1 berikut yang merupakan tree adalah …
a. G1 dan G3
b. G3 dan G4
c. G2 dan G4
d. G1 dan G2

Jawaban : D
Penjelasan : Disebut tree karena setiap komponen dalam graph terhubung dengan lintasan tunggal dan tidak mengandung sirkuit yaitu G1 dan G2, sedangkan G3 mengandung sirkuit yaitu pada titik adf dan G4 merupakan forest karena mengandung dua tree.

2.

matif soal no2

Dari gambar 2 berikut yang merupakan spanning tree dari graf G adalah …
a. T1,T2
b. T3,T4
c. T1,T3,T4
d. Benar semua

Jawaban : D
Penjelasan : Spanning tree memiliki lintasan tunggal dan tidak mengandung sirkuit dan dari gambar tersebut semuanya merupakan spanning tree.

3.

matif soal no3

Total bobot dari spanning tree berikut adalah … (gambar 3)
a. 24
b. 20
c. 15
d. 30

Jawaban : A
Penjelasan :

matif jawaban no3

Terlihat bahwa spanning tree tersebut mempunyai total bobot 2 + 3 + 4 + 4 + 4 + 4 + 3 = 24
(gambar1)

             4.    Yang merupakan parent dan child pada pohon diatas adalah … (gambar 1)

      Jawaban : Parent : a                  Child : b c d 
      Penjelasan :
      Parent adalah predecessor langsung dari suatu node, Semua node kecuali ROOT pasti memiliki    1 PARENT yang unique.

Child adalah Successor langsung dari suatu node, semua node kecuali LEAF pasti memiliki 1     atau lebih CHILD.

 5.     Tentukan pre order, in order dan post order pada tree dibawah ini :



Jawab :
Pre order    = A B W G H I P Q R S T Z C J K U V X D L E M N Y F O
In Order    = I H G P Q R S T Z A B W C J K U V X D L E M N Y F O
Post Order = I Z T S R Q P G W B X V U K N Y M L J O F E D C A


        6.       Tentukan Leaf dari tree di bawah ini :




Jawab : A4, A5, A6

       7.       Tentukan pre order, in order dan post order pada tree dibawah ini :


Jawab :
Pre order     = 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
In Order       = 7 6 8 9 10 1 4 5 3 2
Post Order  = 7 6 8 9 10 4 5 3 2 1

      8.       Dari ke 3 Tree gabungkanlah menjadi binary tree :




                 

                                        





Jawab :






9.           Infix dari gambar di bawah ini adalah :


Jawab : d – e * f * a + b / c

10.          Postfix dari gambar dibawah ini adalah :


Jawab : a b c / + d e f * - *







Rabu, 21 Maret 2018

Web Science


Definisi Web Science

Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah website, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Web Science juga mempelajari hubungan antara manusia dan teknologi, bahwa masyarakat dan teknologi mempunyai keterkaitan satu sama lain.

Di dalam Web Science, kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Web Science Institute menjelaskan bahwa Web Science adalah fokus kekuatan analitis peneliti dari disiplin ilmu yang beragam seperti matematika, sosiologi, ekonomi, psikologi, hukum dan ilmu komputer untuk memahami dan menjelaskan tentang Web.

Sejarah Web Science

Web Science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.

Aktifitas WSRI fokus pada (i) artikulasi agenda penelitian untuk komunitas scientific, (ii) mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science dan (iii) mengikat pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.

Untuk melanjutkan aktifitasnya dan mendukung pengembangan Web Science secara global, para direktur WSRI membuat badan amal-the Web Science Trust (WST). WST berkerja sama dengan World Wide Web. Golnya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam pengembangan Web Science. the Foundation mempunyai misi untuk meningkatkan Web. the Trust dan the Foundation mempunyai kesamaan komitmen untuk melanjutkan disiplin dari Web Science dan akan bekerja bersama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentag Web Science dan mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat luas.

Arsitektur Web

Arsitektur Web adalah rancangan atau desain dari suatu web yang dibuat untuk mempermudah user (pengguna) suatu web agar menemukan konten-konten atau arsip yang ingin dicari. Rancangan suatu web harus memenuhi beberapa aspek, antara lain form, fungsi, navigasi, interface, interaksi, visual, dan maksud informasi itu sendiri.

Macam macam arsitektur web :
  • Pattern/Pola
  • Framework
  • Model View Control (MVC)
  • Code Igniter
  • Soa
  • Struts
  • Integrasi Sistem

Aplikasi Utama Arsitektur Web

Di dalam sebuah arsitektur web terdapat pula sebuah Aplikasi utama pada arsitektur web yang berfungsi sebagai sarana pengguna untuk dapat mengakses sebuah web atau situs. Aplikasi utama tersebut anatara lain.

  • HTTP( Hyper Text Transfer Protocol ), HTML ( Hyper Text Markup Languange ), Web Server,Browser dan Internet
  • Usergenerated Content, Blogs, Wikis, Folksonomies, Social Network.
  • Semantic Web Summary ( XML, RDF, OWL, Microdata, Microformats )
  • Web Security

1. HTTP( Hyper Text Transfer Protocol )

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. HTTP banyak digunakan untuk pengambilan data yang saling terhubung. HTTP merupakan sebuah protocol meminta/menjawab antara klien dan server.

2. HTML ( Hypertext MarkUp Language)

HTML ( Hypertext MarkUp Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. HTML merupakan standar internet saat ini dalam World Wide Web(WWW).

3. Web Server

Web Server adalah perangkat lunak yang menyediakan layanan akses data kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS. Macam macam Web Servers antara lain Apache, Nginx, Apache Tomcat, Lighttpd, Microsoft Internet Information Services (MIIS) dan LiteSpeed.

4. Browser

Browser adalah suatu perangkat lunak yang digunakan sebagai wadah untuk menampilkan halaman web. Contoh-contoh Browser adalah Google Chrome, Mozila Firefox, Internet Explorer, Opera, Safari, UC Browser, dll.

5. Internet

interconnection-networking(Internet) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).

6. Usergenerated Content

UGC(Usergenerated Content) adalah tipe-tiipe konten pada media yang tersedia untuk umum yang dibuat oleh user lain.

7. Blog

Blog(Web Log) adalah sebuah aplikasi web berbentuk postingan pada sebuah halaman web umum. Blog memiliki banyak kegunaan seperti menyampaikan informasi, sebagai catatan harian, tempat berkumpulnya suatu komunitas, dll.

8. Wikis

Wiki adalah sebuah situs web yang berisikan sebuah tulisan tentang sesuatu yang dimana pengguna diperbolehkan untuk mnambahkan atau mengubah tulisan tersebut.

9. Folksonomies

Folksonomi adalah suatu sistem pengklasifikasian yang diturunkan dari praktik dan metode pembuatan dan pengelolaan tag-tag secara kolaboratif, untuk menganotasi dan mengkategorisasi konten.​

10. Social Network

Social Network/Sosial Media adalah sebuah media yang bertujuan untuk sesama manusia saling berinteraksi/berhubungan tanpa dibatasi ruang dan waktu.


Semantic Web Summary

1. XML(Extensible Markup Language)

adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C (World Wide Web Consortium)  untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam.

2. RDF(Resource Description Framework)

adalah standar World Wide Web Consortium (W3C)  untuk mendeskripsikan Web resources, seperti title, author, modification date, content, dan copyright information dari Web page.

3. OWL (Web Ontology Language)

adalah salah satu bentuk ontology yang memang dirancang dengan tujuan untuk digunakan oleh aplikasi yang perlu memproses isi informasi ketimbang menampilkan informasi untuk konsumsi manusia.

4. Microdata

adalah Spesifikasi HTML yang berbasisi Web Hypertext Application Technology Working Group (WHATWG) yang digunakan untuk sarang simentik pada konten di halaman web.

5. Microformats

adalah salah satu cara menambahkan penandaan sederhana agar tiap data mudah terbaca oleh manusia sehingga informasi di dalamnya dapat diekstraksi oleh perangkat lunak dan diindeks, dicari, disimpan, bertukaran-referensi, atau dikombinasi.


Web Security

Web Security / keamanan web adalah salah satu hal yang penting dalam pengelolaan web. Biasanya orang yang bertanggung jawab terhadap keamanan sebuah web adalah pengelola web itu sendiri, ada 3 aspek penting yang harus diterapkan dalam keamanan web yaitu :

1. Confidentiality

Confidentiality memiliki makna bahwa data atau informasi pada web anda hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki kewenangan untuk mengaksesnya.

2. Integrity

Integrity memiliki makna bahwa data atau informasi pada web anda hanya dapat diubah atau dihapus oleh orang yang memiliki kewenangan untuk melakukan hal tersebut, seperti admin dari post tersebut.

3. Availability

Availability memiliki makna bahwa hanya user tertentu yang dapat mengakses beberapa data tertentu yang user lain tidak bias akses.

Jumat, 17 November 2017

Tugas Kelompok Matematika Informatika 3
KOMBINATORIK




Nama Kelompok 2 :
                    Abdul Rohman (50416018)
                    Angga Fetiiyan R (50416846)
                    Bryntama Putra (51416485)
                    Erlangga Rizky (52416369)
                    Fachri Akmal Kauthar (52416425)
                    M. Chairuli Nugraha (54416761)
                    M. Yusuf Fadilla (55416145)
                    M. Yusuf Herlambang (55416146)
                    Ramadhani Rezky Fadillah (56416046)
                    Yeni Erlinda (57416739)
Kelas :   2IA14







1.      Dari 11 mahasiswa akan dilakukan pembagian tim olah raga. 6 orang masuk kedalam tim bola voli. 5 orang masuk kedalam tim bola basket. Ada berapa cara pembagian yang dapat dilakukan.

Pembahasan :
11!/6!5!  = 462
2.      Dalam suatu pertemuan terdapat 10 orang yang belum saling kenal. Agar mereka saling kenal maka mereka saling berjabat tangan. Berapa banyaknya jabat tangan yang terjadi.

Pembahasan :

10C2 = (10!)/(2!(10-2)!) = 45 jabat tangan

3.      Suatu kelompok belajar yang beranggotakan empat orang (A, B, C dan D) akan memilih ketua dan wakil ketua kelompok. Ada berapa alternatif susunan ketua dan wakil ketua dapat dipilih ?

Pembahasan :

nPx = (n!)/(n-x)!

4P2 = (4!)/(4-2)!

= 12 cara (AB, AC, AD, BA, BC, BD, CA, CB, CD, DA, DB, DC)

4.      Dalam sebuah kotak terdapat 7 kelereng merah dan 3 kelereng biru. Peluang terambilnya 3 kelereng merah sekaligus adalah ...

Pembahasan :

Banyaknya cara mengambil 3 kelereng merah dari 7 kelereng merah nk =7 C3 = 35 Banyaknya cara mengambil 3 kelereng merah dari seluruh kelereng ns =10 C3 = 120 Peluang terambilnya 3 kelereng merah P (K) = n(K)=n(S ) = 35=120 = 7=24

5.      Pak Tino memiliki 4 anak perempuan dan 3 anak laki-laki yang semuanya berusia dibawah 17 tahun. Pak Tino ingin mengajak anak-anaknya ke restoran. Karena mobil Pak Tino hanya muat 5 penumpang termasuk dirinya, maka hanya 4 anaknya yang bisa naik mobilnya. Pak Tino perlu minimal satu anak laki-laki di mobilnya untuk menemaninya sebagai petunjuk jalan. Berapa banyaknya cara Pak Tino  memilih anak-anaknya untuk naik mobilnya jika 

Pembahasan :

a.            Tempat duduk anak-anak tersebut diperhatikan 

Cara 1: (difference rule) 
Banyaknya cara = total seluruh kemungkinan – kemungkinan semua anak perempuan 
= P(7,4) – P(4,4) = 816 cara 

Cara 2: (addition rule) 
Banyaknya cara =    (1 anak lelaki dan 3 anak perempuan ) +(2 anak lelaki dan 2 anak perempuan )+ (3 anak lelaki dan 1 anak perempuan ) 
=    (P(4) * C(3,1)*C(4,3)) +  ((P(4) * C(3,2)*C(4,2)) + (P(4) *C(3,3)*C(4,1)) 
=  (24*3*4) + (24*3*6) + (24*1*4) 
=  288 +  432 + 96  =  816 

Common Mistake: 
C(3,1) x P (6,3) = 3 x 120 = 360 

Jika jawabannya seperti ini, berarti sudah dipastikan bahwa yang diajak adalah (1 laki-laki dan 3 perempuan), padahal bisa saja yang diajak adalah (2 laki-laki + 2 perempuan kan)?

6.      Berapa banyak “kata” yang terbentuk dari kata “STMIK”?

Pembahasan :

5! = 5 x 4 x 3 x 2 x 1 = 120 buah kata

7.      Budi mempunyai 3 celana jeans yang berbeda, 5 kaos berbeda, dan 2 topi yang berbeda.
Berapa banyak cara Budi tampil beda (anggap budi selalu memakai celana jeans, kaos, dan topi) ?

Pembahasan :
Celana, kaos, dan topi
Banyaknya cara =3×5×2=30
8.      Ada dua cara untuk pergi dari Jakarta ke Pontianak, yaitu menggunakan kapal terbang atau kapal laut. Untuk Kapal terbang ada 4 penerbangan, dan kapal laut ada 3 kapal. Berapa banyak cara untuk pergi dari Jakarta ke Pontianak.
Pembahasan :

Karena cara bepergian dari Jakarta ke Pontianak dengan udara dan laut merupakan dua hal yang terpisah, maka banyaknya cara tinggal dijumlahkan, yaitu 4 + 3 = 7 cara.
9.      Dalam mengadakan suatu pemilihan dengan menggunakan obyek 4 orang pedagang kaki lima untuk diwawancarai, maka untuk memilih 3 orang untuk satu kelompok. Ada berapa cara kita dapat menyusunnya?

Pembahasan :

4C3 =4! / 3! (4-3)!
= (4.3.2.1) / 3.2.1.1
= 24 / 6
= 4 cara

10.  Seorang peternak akan membeli 3 ekor ayam dan 2 ekor kambing dari seorang pedagang yang memiliki 6 ekor ayam dan 4 ekor kambing. Dengan berapa cara peternak tersebut dapat memilih ternak-ternak yang di inginkannya?

Pembahasan :

Banyak cara memilih ayam = 6C3 = 6!/3!(6-3)! = 6!/3!3! = 20 cara
Banyak cara memilih kambing = 4C2 = 4!/2!(4-2)! = (4×3×2!)/2!2! = 6 cara
adi, peternak tersebut memiliki pilihan sebanyak = 20×6 = 120 cara